Inspirating - Hurig - Proses Menjadi yang Pantas Mengemban Tugas Mulia, Dokter :)

Bacaan wajib buat calon mahasiswa FK (yang berpikir kehidupan FK itu keren, tapi ya emang keren sih AWALANYA, tapi selanjutnya rasakan sendiri saja yaa :) ), bacaan Sunnah buat kolega sejawat (senasib seperjuangan) dan Bacaan makruh buat yang sudah profesi ( karena pasti menertawakan betapa labilnya adik-adiknya ini) 

Kalian pernah mendengar kalimat pernyataan “Menjadi seorang dokter itu tidak mudah" ? Menurut saya pernyataan itu sangat amat benar. Bukannya tidak bisa menikmati.
Tapi jujur memang susah. Ada sensasi tekanan tersendiri. Tekanan yang konstan sepanjang hari, minggu, bulan dan tahun. Tekanan yang kadang membuat lelah. Tekanan yang kadang membuat kita berpikir : 

“Gimana cara menghadapi pasien nanti? Cara memberikan terapi yang benar? Gimana kalau aku salah ngasih tindakan?" .
Pernah salah seorang dosen berkata: 

" Masuk menjadi Mahasiswa Kedokteran itu susah, tapi keluarnya itu juga jauh lebih susah. Jangan pernah kalian bangga menjadi Mahasiswa FK, bisa-bisa selamanya kalian menjadi mahasiswa FK. "
*senyum ngilu
Tapi tunggu dulu susah dan tekanan disini bukan berarti kami tidak bisa dan berputus asa. Justru tekanan disini menuntut kami untuk mengerjakan dan berusaha lebih. Tekanan yang membuat kami bertanggung jawab akan diri kami yang sudah terdampar secara sengaja maupun tidak sengaja di sini (kata-katanya berat, tapi baca saja). Ingat-ingat lagi betapa banyak orang yang ingin berada di sini, dan betapa beruntungnya kami (katanya). 

Bertanggung jawab akan apa yang akan kami lakukan dimasa depan kami dan menancapkan dalam-dalam:
“Ingat, yang kamu hadapi kelak adalah manusia. Manusia yang sedang sakit yang kita sebut pasien yang harapan utamanya adalah sembuh dan dia percaya kalianlah salah satu jalannya untuk mencapai harapan itu" ,

*Tsaaah *laundry-in jas lab 
meskipun kadang-kadang sesuatu yang tertancap itu juga tertimbun oleh hal-hal lain yang begitu menggoda. ahahaha  :D *jenenge menungso*

And I found it in  my tumblr 

Screenshooted From yunihendratisulfia.tumblr.com

Nah dalam proses menjadikan seorang manusia awam (sebut saja kami) menjadi seorang dokter itu banyak sekali komponen yang terlibat, seperti : 
- buku yang ketebalannya diluar nalar (Most Page Read "Indeks" *ke-la-ku-an* )
- slide yang beragam dari hitam putih (fotokopi)  sampai warna warni (ngeprint) . 
- Modul atau Log book mulai dari metode klasik (Tulis tangan) sampai metode kreatif (Print tempel) 
- dosen yang luar biasa dengan variasi karakter yang banyak,
- teman yang beragam cara belajar, motivasi dan karakternya juga, 
- orangtua yang menyupport dan mendoa TERTULUS setiap saat, 
- status (single or prural (maaf), past, present dan future tense juga :D) 
- dan juga tak kalah penting, waktu, waktu, waktu, waktu dan waktu.

Sampai saat ini, itu dulu sih komponen  yang setia menyambut hari-hari kami yang bahagia and we called it as "Sego Jangan" .  Inshaallah later it'll all be written and discussed one by one in another posting with Lable or categoric "Mahasiswa FK Absurd :)" 
Wait yes! :D

Thankyou :)

No comments:

Post a Comment